PERSONIL CADANGAN….APAKAH ITU?

Posted on 16.32 Under 0 komentar

Pada IKP SBD Kontruksi Permen PU Nomer 31 /PRT/2015, pada Point Penetapan pemenang huruf D,  Ketentuan pada huruf c hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) paket pekerjaan konstruksi, dikecualikan apabila
Personil yang diusulkan penugasannya sebagai Kepala Proyek atau ada PERSONIL CADANGAN  yang diusulkan dalam dokumen penawaran yang memenuhi syarat.

Pada Pelelangan Kontruksi pascakualifikasi evaluasi personil dilakukan pada tahapan evaluasi teknis, yaitu :

Pokja ULP menilai persyaratan teknis minimal yang harus dipenuhi dengan membandingkan pemenuhan persyaratan teknis sebagaimana tercantum dalam LDP dan khusus personil inti serta peralatan utama minimal tercantum dalam LDK.
Untitled
Evaluasi teknis ini harus mengacu kepada syarat syarat yang sudah tertuang dalamLembar data Kualifikasi dan dalam melakukan evaluasi menggunakan data data personil inti yang  ada dalam isian kualifikasi peserta bukan pada dokumen penawarn peserta. hal ini sesuai dengan tata cara evaluasi teknis lampiran Permen Pu 31/prt/2015 yaitu :
Personil inti : tingkat pendidikan, jabatan dalam pekerjaan yang diusulkan, pengalaman kerja, keahlian/ keterampilan, yang ditempatkan secara penuh,menggunakan data personil inti yang tercantum pada isian kualifikasi;
Untitled
Pada tahapan evaluasi teknis, Pokja hanya membandingkan pemenuhan persyaratan persyaratan personil. apabila tidak sesuai , maka dapat digugurkan. Dan untuk penyedia menawarkan personil yang sama pada masing-masing paket pekerjaan, maka hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) paket pekerjaan setelah dilakukan klarifikasi untuk menentukan personil tersebut akan ditempatkan, sedangkan untuk paket pekerjaan lainnya dinyatakan personil tidak ada dan dinyatakan gugur, dikecualikan apabila personil yang diusulkan penugasannya sebagai Kepala Proyek atau ada personil cadangan yang diusulkan dalam dokumen penawaran yang memenuhi syarat.
Klarifikasi terhadap personil yang sama, jika harus mengikuti tahapan yang ada, maka dilakukan pada saat penetapan pemenang. Yang kita bahas adalah, apa itu PERSONIL CADANGAN?
Personil cadangan adalah,personil yang ditawarkan penyedia lebih dari satu personil dalam dokumen penawaran. contoh :
Dalam LDK diminta personil inti 1 (satu ) orang Ahli Muda QS pada pekerjaan gedung rumah sakit, dan penyedia menyampaikan 3 ( tiga ) ahli muda QS, yaitu :
  • Ahli Muda QS 1 Made
  • Ahli muda QS 2 Nyoman, dan
  • Ahli Muda QS 3 Ketut
Maka pada saat klarifikasi dilakukan cara, Jika Ahli Muda QS 1 Made, sudah ditempatkan pada pekerjaan A, dan Ahli muda QS 2 Nyoman sudah ditempatkan dipekerjaan B, Maka Ahli Muda QS 3 Ketut, dapat ditempatkan pada paket pekerjaan gedung rumah sakit.
dikecualikan jika dari tiga personil tersebut terpakai juga pada paket yang lain, maka paket gedung rumah sakit ini dinyatakan tidak ada personil dan gugur.

Pada Pelelangan Kontruksi prakualifikasi evaluasi personil dilakukan pada tahapan evaluasi teknis, yaitu :

Pada Pelelangan Prakualifikasi mungkin tahapannya berbeda, namun caranya sama   yaitu , hanya dilakukan evaluasi kembali jika penyedia menawarkan personil yang berbeda antara  personil dalam isian kualifikasi dengan personil yang ditawarkan dalam dokumen pemilihan.
Dalam hal prakualifikasi, evaluasi kualifikasi dan pembuktian kualifikasi telah dilaksanakan pada tahapan prakualifikasi, dengan demikian setelah evaluasi harga dan ditetapkan calon pemenang dan calon pemenang cadangan segera dibuat Berita Acara Hasil Pelelangan, kecuali dalam penawarannya mengajukan peralatan dan Personil berbeda dengan isian prakualifikasi.)
Berbeda dengan Pascakualifikasi,dimana data personil yang dinilai dalah data yang terdapat dalam isian kualfikasi, namum pada  Prakualifikasi data data personil yang dilakukan evaluasi adalah data data yang terdapat dalam dokumen penawaran.
Untitled
Hal ini bisa saja tidak dilakukan lagi, sepanjang personil inti yang ada dalam isian kualifikasi sama dengan data personil yang ada pada dokumen penawaran
semoga bermanfaat : sumber refrensi kasubdit kontruksi kemntrian Umum

Penulis: I Made Heriyana


About SGI

Sanagi Group Indonesia (SGI) . Learn more about SGI here and connect with SGI community in Twitter,Facebook


0 komentar